Langsung ke konten utama

Strategi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Penjualan Anda



Di era digital saat ini sudah banyak kemudahan yang dapat kita rasakan. Dunia berada di dalam genggaman rasanya bukan hanya isapan jari semata, sebab melalui internet kita hampir bisa memenuhi seluruh kebutuhan hidup kita. Akibatnya, banyak perusahaan konvensional sudah mulai harus beradaptasi dengan ke digitalan dan juga semakin maraknya usaha kecil yang bermunculan karena kemudahan ini.

Modalnya yang tidak terlalu besar, memulai usaha bisa dari rumah tanpa harus sewa tempat untuk berjualan, menjadikan usaha kecil dan menengah menjadi semakin banyak hadir. Namun pada kenyataannya, dalam menjalankan bisnis tetap harus memiliki strategi, baik di offline ataupun online seperti menyusun konsep strategi digital marketing. Yang Efektif

Lalu bagi Anda yang baru mau memulai usaha atau yang sudah mempunyai usaha tetapi ingin meningkatkan pendapatannya, apa yang harus dilakukan di era digital saat ini?

Jawabannya adalah dengan menyusun konsep strategi digital marketing yang tepat dan efektif untuk bisnis Anda, berikut ini adalah beberapa strategi yang bisa Anda lakukan dalam meningkatkan usaha Anda.

1. Menentukan Channel Yang Sesuai

Dalam digital marketing, tidak semua industri cocok pada semua channel. Beberapa ada yang tepat menggunakan website, ada pula yang bisa memulai usaha Anda dari media sosial. bahkan ada pula yang memulai dari jasa video promosi. Jika usaha Anda masih baru dirintis, ada baiknya jika memaksimalkan marketing di sosial media, namun jika Anda sudah memiliki banyak pembeli, memiliki website adalah tindakan yang tepat untuk semakin memberi kenyamanan pada konsumen untuk bertransaksi.

Sedangkan untuk usaha yang menawarkan jasa, memperkuat website terlebih dahulu rasanya lebih membuat usaha Anda terlihat lebih profesional dan meyakinkan. Hal yang perlu diingat, baik di sosial media ataupun di website, memberikan informasi yang lengkap mengenai usaha Anda adalah tindakan yang harus Anda lakukan.

2. Riset Keyword yang Sesuai dengan Produk yang Ingin Anda Pasarkan

Salah satu keuntungan memasarkan usaha Anda secara online adalah Anda dapat mengetahui topik yang paling banyak dicari masyarakat dan kata kunci apa yang paling banyak diketik untuk mencari topik yang sesuai dengan usaha Anda.

Keyword sendiri terdiri dari keyword produk dan keyword untuk content marketing. Keyword tersebut nantinya akan digunakan pada pembuatan landingpage agar meningkatkan trafik pengunjung dan juga trafik pembelian.

3. Membuat Konten Marketing yang Menarik dan Terpercaya

Yang tidak bisa lepas dari kesuksesan digital marketing adalah pembuatan konten pada website usaha Anda. Karena selain membantu dalam hal optimasi SEO, membuat konten marketing yang menarik juga menjadi penentuan apakah orang tersebut akan membeli produk Anda atau tidak.

Buat konten seinformatif mungkin, sehingga target konsumen Anda merasa sangat terbantu sehingga menimbulkan kepercayaan yang berujung pembelian produk. Kumpulkan sebanyak-banyaknya testimoni dari customer yang sudah pernah membeli produk Anda, dan tampilkan konten tersebut di website ataupun social media Anda.

4. Tingkatkan Trafik dengan Search Marketing

Seperti halnya marketing saat Anda memiliki toko offline, memiliki toko online juga dibutuhkan marketing agar usaha Anda banyak dikenal orang. Dan salah satu caranya adalah dengan search marketing. Search marketing sendiri adalah sebuah proses yang dilakukan untuk mendapatkan trafik, baik dengan cara gratis ataupun dengan cara berbayar. Ada dua hal yang dijalankan dalam search marketing ini, yaitu SEO dan SEM.

5. Menentukan Landing Page yang Tepat untuk Dioptimasi

Ketika Anda membuat sebuah suatu halaman di website Anda, penting mengaitkan keyword dengan landing page yang tepat untuk meningkatkan trafik pengunjung ataupun penjualan.

Di dalam halaman tersebut juga harus disesuaikan isinya dengan informasi yang relevan dengan kata kunci yang ingin Anda tuju. Mulai dari judul, sub judul hingga isi halaman itu sendiri. Semakin informatif isi halamannya, semakin tinggi pula kemungkinan trafik bisa didapatkan. Tidak lupa landing page Anda juga harus memiliki struktur SEO yang baik.

6. Promosikan Bisnis Anda dengan Social Media Marketing

Tidak bisa dipungkiri, pengguna social media terus bertambah dalam jumlah signifikan dengan tingkat interaksi yang sangat tinggi. Terutama di social media mainstream seperti Facebook dan Instagram. Peluang inilah yang bisa Anda manfaatkan untuk memaksimalkan bisnis Anda secara digital, yaitu dengan turut hadir di social media dimana target market Anda berada.

Kabar baiknya, membuat akun social media bisnis Anda biayanya gratis. Ada beragam fitur yang bisa Anda manfaatkan seperti beriklan, analisa audience, optimasi hashtag, dan sebagainya. Tapi awas, jangan sampai bisnis Anda melakukan spam ataupun interaksi yang justru malah mengganggu audience Anda.

7. SEO, Pelengkap Tepat Untuk Langkah Konsep Strategi Digital Marketing Anda

Jika tahapan di atas sudah Anda lakukan, hal yang menjadi pelengkap keberhasilan digital marketing adalah melakukan SEM, konten marketing, dan SEO secara bersamaan.

Bagi Anda yang belum mengetahui SEO secara detil, Anda dapat membaca panduan lengkap belajar mengenai SEO untuk pemula agar website Anda bisa teroptimasi dengan sempurna Para pakar Jasa SEO Murah.

Karena perpaduan semuanya akan menjadikan trafik Anda semakin meningkat. Di SEO sendiri yang dilakukan adalah optimasi on page dan juga off page. Optimasi on page sendiri adalah optimasi isi dari website Anda sendiri, sedangkan optimasi off page adalah mendapatkan backlink dari website-website yang peringkatnya lebih baik dari website Anda.

8. Gunakan Jasa Pembuatan Konsep Strategi Digital Marketing yang Terpercaya dan Sesuai dengan Budget Anda

Jika penjelasan di atas menurut Anda masih sulit, Anda bisa meminta bantuan kepada agensi digital marketing yang dapat memenuhi kebutuhan Anda dan juga sesuai dengan budget Anda. Konsultasikan kebutuhan Anda dan objektif apa yang Anda inginkan, lalu diskusikan anggaran yang Anda miliki.

Beberapa digital agency ada yang memberikan garansi kepada kliennya untuk membayar saat trafik berhasil meningkat, ada juga yang memberikan jasa. Selama beberapa bulan berlangsung, mengingat digital marketing tidak bisa meningkat dalam waktu yang sangat singkat.

Salah satu digital marketing agency yang telah terbukti banyak membantu small-to-medium business adalah Datamaya Consulting. Selama satu dekade lebih, Datamaya Consulting menyediakan layanan digital marketing dengan paket fleksibel seperti SEO, Google Ads, hingga social media management.
Anda Bisa Pilih Satu atau Beberapa Konsep Strategi Digital Marketing

Beberapa langkah konsep strategi digital marketing di atas dapat Anda pilih salah satu, atau melakukan beberapa strategi yang sesuai dengan kebutuhan serta anggaran aja seperti peluang bisnis di bulan ramadhan misalnya. Lakukan semua strategi secara baik dan terukur, karena layaknya strategi marketing secara offline. Konsep strategi digital marketing juga membutuhkan waktu, biaya dan juga konsistensi yang tidak sedikit. Belum lagi caranya yang agak rumit, membuat Anda yang tidak memiliki dasar ilmu digital marketing akan mengalami kesulitan. Dan berujung gagal dalam mengoptimasi.

Jika Anda memiliki anggaran lebih, Anda bisa mencampur konsep strategi digital marketing dengan strategi marketing secara offline maupun mencari jasa freelancer terpercaya di sribu.com.

Tetap konsisten dan jangan harapkan hasil instant. Tidak melupakan teknik marketing dasar seperti analisa SWOT, diferensiasi, segmentasi, maka niscaya bisnis kecil Anda bisa bertumbuh menjadi besar.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Know Baby's Normal Temperature and How to Measure it Correctly

It is important for parents to know the normal temperature of the baby, so that they are quickly aware when their body temperature rises or has a fever. This can also help parents take care of it quickly. In addition to knowing the baby's normal temperature, parents also need to understand how to measure it correctly. The goal is that parents are not mistaken in interpreting the condition of the baby's body. For example, when the baby's body feels hot, this does not necessarily indicate he has a fever. Need to measure temperature with a thermometer to be sure. Understanding the Normal Range of Baby's Body Temperature The baby's normal temperature ranges from 36.5 to 37 degrees Celsius. Babies can be considered to have a fever when their body temperature rises to more than 38 degrees Celsius when measured from the rectum (rectal temperature), 37.5 degrees Celsius when the temperature is measured from the mouth (oral temperature), or 37.2 degrees Celsius when me

Consider the Risk of Donating Infant Formula Milk in Disaster Areas

If you intend to donate baby formula to natural disaster victims, think again. Various things and conditions in the disaster environment might actually pose risks that endanger the baby. The National Disaster Management Agency (BNPB) states, formula feeding in disaster areas may increase the risk of diarrhea, malnutrition, and infant death. At present, donations of formula milk or other baby products (bottles, pacifiers, pacifiers) can only be given with the approval of the local Health Office. Risks of Providing Formula Milk in Disaster Areas Although formula milk may be needed by infants who do not get breast milk (ASI), but in fact this product can actually be dangerous if given in the area of ​​planning. Here are a few reasons: Not enough equipment is available Various equipment to prepare and provide formula milk, such as spoons and bottles, are not necessarily available. Even if there is, this equipment will not be clean and sterile. The place is dirty and difficult to